Jaket Berpendingin Udara (air conditioned jacket)

Kuchofuku Co Ltd - yang namanya secara harfiah berarti "pakaian berpendingin" - telah kebanjiran pesanan  di tengah kekurangan daya listrik di Jepang setelah bencana gempa bumi dan tsunami.
Sebagai akibat dari kekurangan daya listrik di perkantoran, karyawan merasa terganggu kenyamanan kerjanya. Saat itulah perusahaan mendapat ide untuk membuat jaket dengan pendingin kipas angin bertenaga baterai.
Dua kipas angin di jaket dapat dikontrol untuk menarik udara pada kecepatan yang berbeda, memberikan pakaian yang terlihat menggembung. Tapi hal ini tidak menjadi masalah, karena  pengguna senang menjadi dingin daripada kepanasan di dalam kantor.

tampak pemakaian jaket ber-ac di perkantoran jepang


Hampir 1.000 perusahaan di Jepang menggunakan jaket Kuchofuku, termasuk raksasa mobil, pembuat baja, perusahaan makanan dan perusahaan konstruksi.
Di antara produk-produk lainnya, perusahaan juga menjual bantal udara dan kasur yang menggunakan sistem jala Kuchofuku yang sudah dipatenkan. 

Jaket Kuchofuku terhubung ke baterai lithium-ion yang tahan selama 11 jam, dan hal ini lebih ringan dari pemakaian daya listrik yang digunakan oleh AC konvensional, kata presiden perusahaan Hiroshi Ichigaya.