10 Kriteria Memilih Jaket Yang Pas Untuk Anda


Anda bisa membeli Keselamatan - setidaknya saat menyangkut jaket motor. Ada banyak pilihan model yang tersedia, dan tidak selalu mudah untuk menemukan jaket yang tepat untuk kebutuhan pribadi Anda. Selain selera pribadi, Anda harus memperhatikan beberapa kriteria umum. Itulah satu-satunya cara agar Anda bisa menikmati perjalanan Anda dengan nyaman dan aman.

memilih jaket
Bagaimana memilih jaket yang cocok?

10 Kriteria Paling Penting Untuk Membeli Jaket Motor

Sangat mudah untuk menemukan dan membeli jaket motor di online shop. Jika Anda tidak memilih dengan seksama pakaian pelindung ini, Anda mungkin akan menyesali pembelian Anda nanti. Berikut 10 kriteria yang paling penting untuk Anda dalam memilih jaket motor, sehingga Anda bisa dijamin aman dan nyaman berkendaraan.


1. Pilih Jaket untuk Menyesuaikan Gaya Berkendara Anda
Keputusan pertama yang perlu Anda lakukan adalah apakah Anda benar-benar membutuhkan jaket motor terpisah, atau apakah mungkin lebih baik membeli setelan sepeda motor one-piece.
Setelan One Piece
Setelan satu potong adalah pelindung tubuh penuh yang sesuai dengan kulit Anda dan tidak akan mengepak seperti sayap burung saat Anda mengendarai. Jika Anda ingin balapan motor atau ngebut melewati lalu lintas di jalan bebas hambatan dengan motor sport Anda, Anda mungkin lebih suka membeli setelan sepeda motor one-piece.

Setelan Dua Sepotong
Kombinasi jaket dan celana motor sangat ideal untuk orang yang menginginkan fleksibilitas. Jika Anda hanya melakukan perjalanan santai, Anda tidak perlu membawa kedua keping pakaian Anda. Anda bisa melepas jaket Anda dan menggantinya dengan mantel sehari-hari saat sampai di tempat tujuan. Selanjutnya, jaket motor setelan dua potong menawarkan lebih banyak ruang penyimpanan daripada setelan satu potong, dan biasanya memiliki cukup saku untuk dompet dan dokumen Anda. Jika Anda menginginkan pilihan yang paling fleksibel, Anda lebih cocok membeli jaket motor terpisah (setelan dua potong).

2. Pilih Bahan Mutu
Pengendara Motor memperdebatkan pertanyaan mendasar apakah jaket motor yang terbuat dari tekstil atau yang terbuat dari kulit adalah pilihan yang lebih baik. Bahan-bahan ini sangat berbeda satu sama lain, namun keduanya memiliki satu kesamaan: kinerja jaket sangat bergantung pada kualitas bahan dan bagaimana pembuatannya. Dibutuhkan banyak pengalaman untuk mengenal jenis kualitas ini. Itulah mengapa sangat membantu bagi pengendara yang kurang berpengalaman atau masuk untuk meminta saran dari pengendara yang lebih berpengalaman.
Jaket Motor Kulit
Jaket motor yang terbuat dari kulit berkualitas tinggi memiliki ketahanan abrasi yang baik dan menawarkan perlindungan yang sangat baik dari cedera jika Anda mengalami kecelakaan. Jika Anda memilih jaket yang terbuat dari kulit kambing atau kulit sapi, Anda memerlukan ketebalan minimal 1,2 sampai 1,4 milimeter. Tapi jika kulit jaket Anda lebih tipis, hanya ada sedikit sifat pelindung. Kulit kanguru adalah bahan menarik lainnya; Karena kekokohannya Anda bisa lolos dengan jaket tebalnya hanya 1 sampai 1,1 milimeter.

Jaket Motor Kulit dan Tekstil
Semakin banyak pabrikan yang menawarkan jaket yang terbuat dari kombinasi bahan kulit dan tekstil. Kulit biasanya menutupi bagian tubuh yang paling rentan, termasuk punggung bagian atas, bahu, dan bagian bawah dan bagian atas lengan. Tenunan tekstil menawarkan kenyamanan yang lebih baik dengan menciptakan ventilasi ekstra.

Jaket Motor Tekstil
Jaket yang terbuat dari kain seperti nylon mencakup banyak varietas tahan abrasi seperti Armacor, Kevlar, Dynatec dan 500 sampai 2000 denier Cordura. Bahan ini sering menawarkan breathability (bisa bernafas) yang sangat baik, perlindungan dari dingin, dan waterproof.

Tip untuk Membuat Pilihan Anda
Cruiser, pengendara akhir pekan, dan touring bikers biasanya memilih jaket motor yang terbuat dari tekstil seperti nilon atau polyester, karena umumnya mereka menawarkan kenyamanan terbaik. Pembalap Sportier sedikit lebih menekankan pada keamanan, terutama jika mereka mengambil risiko lebih besar dalam lalu lintas atau balap, dan cenderung memilih jaket kulit yang lebih kuat. Jaket motor yang terbuat dari kombinasi kulit dan tekstil merupakan kompromi yang masuk akal.

 3. Tahun Produksi Jaket Motor
Saat memilih jaket motor, sebaiknya perhatikan umur modelnya. Jaket yang lebih tua biasanya tidak menawarkan keamanan atau kenyamanan yang sama yang umum terjadi di industri saat ini. Ini berarti material luar dan bantalan pelindung mungkin tidak memberi rider perlindungan yang cukup dari cedera jika terjadi kecelakaan. Makin baru modelnya, tentu memberikan penawaran terhadap keselamatan dan kenyamanan lebih baik.


4. Warna Jaket
Sebagian besar pengendara motor memiliki warna favorit yang sama: HITAM. Di lingkungan dengan cahaya rendah, jaket motor hitam bisa sangat sulit diperhatikan di lalu lintas. Itu sebabnya Anda harus memilih jaket dengan warna yang mudah dikenali. Anda bisa membeli jaket dengan warna kuning atau oranye, atau bahkan yang menggunakan panel besar bahan reflektif (skotlet). Ini akan terlihat saat pembalap lain atau pengendara menyalakan lampu mereka. Hal ini memastikan visibilitas dan keamanan yang baik.







5. Temukan Jaket Motor yang Dibuat dengan Baik
Jaket motor Anda perlu dibuat dengan baik untuk memastikan keamanan dan kenyamanan terbaik. Itulah mengapa Anda harus memperhatikan hal-hal berikut saat melakukan pembelian:
Lapisan
Lapisan dalam (puring) jaket motor harus selalu melekat dengan bahan luar jaket, sehingga tidak menyebabkan abrasi jika terjadi kecelakaan. Jaket kulit harus memiliki sedikit jahitan, karena jahitan lebih banyak bisa membuat bahan tidak stabil. Selain itu, dada dan punggung harus dibuat dari satu bagian material dan bukan potongan kecil yang dijahit bersama. Hal ini bisa berdampak negatif terhadap keselamatan jaket.
Ritsleting
Ritsleting pada jaket motor bisa terbuat dari plastik atau logam. Mereka harus mudah dibuka dan cepat ditutup. Selanjutnya, mereka harus ditutupi dengan kain flap (blekser) sehingga tidak menimbulkan risiko ekstra cedera dalam kecelakaan. Penutupan atas ritsleting juga menawarkan perlindungan ekstra efektif untuk melawan kelembaban dan angin pada jaket tekstil.


6. Keselamatan Harus Utama
Saat memilih jaket motor, Anda harus selalu menjaga keamanan di garis depan pikiran Anda. Karena teksturnya, kulit lebih padat dari tenunan tekstil. Begitu kulit ditempatkan di bawah regangan mekanik, ia mengalami proses distribusi beban dengan peregangan sedikit. Ini melindungi bahan dari mudah robek. Bahan tekstil tampil lebih buruk dari jaket motor yang terbuat dari kulit dalam hal ini. Lebih mudah robeknya bahan tekstil, menyebabkan area kulit yang tidak terlindungi meluncur menggerus jalanan. Itulah mengapa Anda harus yakin bahwa jaket motor yang terbuat dari anyaman tekstil diperkuat dengan bahan seperti kulit atau kevlar.

7. Pelindung
Jaket motor harus memiliki pelindung yang terintegrasi. Ini adalah potongan bantalan pelindung yang biasanya ada di lengan, punggung, dan dada jaket Anda. Jaket yang bagus akan menunjukkan bahwa mereka "disetujui CE", dan ada tingkat persetujuan CE1 dan CE2 yang tersedia untuk jaket. CE2 adalah tingkat perlindungan yang lebih baik.

Kriteria untuk Memilih Pelindung
Pelindung pelindung harus elastis dan cukup besar untuk mendistribusikan energi secara efisien dalam kecelakaan.
Jaket motor body-fit harus ada pelindung yang menempel di bagian luar jaket.
Jika jaket motor memiliki kelonggaran yang longgar, pelindungnya harus lebih besar dan sesuai dengan bagian tubuh yang ingin dilindungi.
Pelindung seharusnya tidak membatasi kenyamanan Anda, namun harus mencakup area permukaan yang cukup luas untuk melindungi tubuh bagian atas Anda.
Pelindung siku harus selalu melindungi tulang Anda dari cedera.




8. Pilih Jaket yang Nyaman
Jaket motor berkualitas tinggi tidak hanya perlu melindungi tubuh Anda, namun juga perlu memberikan kenyamanan yang besar.
Berat dan Ruang Penyimpanan
Jaket Kulit biasanya lebih berat dari jaket yang terbuat dari bahan tekstil. Mereka juga memiliki kantong kurang di mana Anda dapat menyimpan uang atau barang Anda. Karakteristik mana yang paling penting bagi Anda bergantung terutama pada kebutuhan individual Anda.
Perlindungan Hujan
Jaket Kulit perlu dilengkapi dengan lapisan khusus yang tahan air agar tahan air. Jika tidak, bahannya bisa menyerap kelembaban, membuat jaket kulit Anda lebih berat. Ini memiliki efek negatif pada kenyamanan Anda. Kain tekstil tidak akan membiarkan kelembaban masuk jika memiliki perawatan tahan air. Hal ini sering diterapkan pada bagian dalam jaket. Air yang menguap, bagaimanapun, dapat menyebabkan bahan dengan lapisan tahan air mendingin dengan cepat.
Terlalu panas
Kulit tidak memiliki cara untuk menyeimbangkan panas dari tubuh Anda atau dari sinar matahari. Ini hanya bisa membuat pemakainya hangat sampai batas tertentu dan hanya menawarkan beberapa perlindungan dari panas. Jaket motor yang terbuat dari kulit sangat cocok untuk suhu di bawah 25°c. Beberapa model dibuat dengan menggunakan proses berkualitas tinggi, untuk memungkinkan material mereka lebih bernapas. Agar tidak merusak kestabilan bahan, sebaiknya hindari bukaan ventilasi seperti velcro atau ritsleting. Jaket motor yang terbuat dari bahan tekstil menggunakan bahan pelapis yang berbeda. Ini memungkinkan jaket membuat Anda tetap hangat meski berada dalam angin kencang. Anda harus tahu, bagaimanapun, lapisan dalam ekstra itu bisa membatasi kemampuan tubuh bernapas. Itu sebabnya ada baiknya bagian dalam dilepas jika dalam kondisi udara panas.

 9. Dapatkan Ukuran Pas
Jaket motor dijual dalam ukuran khas untuk pria dan wanita. Beberapa akan diberi label sebagai ukuran unisex, namun ukurannya bisa sangat berbeda dari produsen ke produsen.
Pas sempurna
Jaket perlu disesuaikan dengan tubuh Anda saat Anda berdiri dan saat Anda sedang duduk. Karena itulah pengendara harus mencoba jaket dalam posisi mereka akan duduk di atas sepeda mereka.
Lengan
Lengan lengan Anda harus cukup panjang. Mereka harus mencapai pergelangan tangan Anda saat Anda menekuk tangan dan membungkuk saat berada saat Anda berkendara.
Ritsleting
Pengikat lengan (manset) harus memiliki ritsleting. Ini membantu jaket motor menghindari tergelincir di pergelangan tangan Anda dalam sebuah kecelakaan. Ritsleting harus ditutup sehingga tidak meningkatkan risiko cedera.

10. Rawat Jaket Anda dengan benar
Anda perlu membersihkan jaket motor Anda secara teratur, yang mungkin memiliki beberapa efek pada jenis jaket yang Anda pilih untuk dibeli. Perawatan yang baik meningkatkan umur jaket, membantu mempertahankan sifat fungsionalnya, dan membantu tampilannya lebih lama. Tentu saja, ini juga penting untuk kebersihan yang baik! Berapa lama waktu yang dibutuhkan pengendara untuk menghabiskan jaket motor akan tergantung pada bahan yang dibuatnya.
Membersihkan dan Merawat Jaket Motor Kulit
Jaket motor yang terbuat dari kulit harus dirawat secara teratur dengan balsem kulit, minyak kulit, atau vaseline. Ini akan menghentikan mereka dari pengerasan dan pengeringan. Minyak juga melindungi kulit dari penetrasi dengan air. Sebelum Anda merawat jaket Anda, Anda harus menyemprotnya dengan semprotan waterproofing. Lalu gosokkan minyak ke jaket dengan gerakan melingkar. Anda bisa menggunakan kain lembut untuk melakukan ini juga. Menggunakan hanya sedikit minyak akan melindungi jaket Anda dari residu ekstra. Bergantung pada warna jaket Anda, Anda bisa menggunakan produk transparan atau gemuk hitam.
Membersihkan dan Merawat Jaket Tekstil
Jaket motor tekstil harus memberikan banyak informasi bermanfaat untuk perawatan mereka pada tag. Anda harus mengikuti petunjuk ini. Seringkali mungkin mencuci jaket motor jenis ini di mesin cuci pada siklus yang rumit dan dengan deterjen yang lembut. Anda harus yakin suhu airnya tidak lebih tinggi dari sekitar 30 derajat celcius. Jika jaket Anda memiliki noda serius, Anda bisa menggunakan deterjen penguat.
Akhirnya, Anda harus membilas jaket Anda dua kali dengan air biasa untuk memastikan tidak ada deterjen yang tertinggal di kain. Anda tidak dapat menggunakan pelunak apapun. Banyak model juga tidak bisa dikeringkan di dryer. Setelah tiga kali mencuci, Anda harus merawat jaket dengan semprotan waterproofing yang merangkum serat di bahan luar. Hal ini meningkatkan perlindungan terhadap tidak hanya air, tapi juga kotoran. Ada juga produsen yang merekomendasikan agar jaket Anda dibersihkan secara khusus supaya tetap kedap air. Hal ini memastikan semprotan waterproofing didistribusikan secara merata di seluruh permukaan jaket.